Rabu, 15 Juli 2015

Sobat Bumi Sumbawa untuk Tana Samawa




   Sobat Bumi Sumbawa adalah organisasi generasi muda yang bergerak dalam bidang konservasi lingkungan yang berada dibawah naungan Universitas Teknoogi Sumbawa. Seluruh founder dari anggota Sobat Bumi Sumbawa adalah penerima aktif beasiswa dari Pertamina Foundation. Sobat Bumi Sumbawa tergabung dalam sobat bumi Indonesia yang berada di salah satu dari lima regional yakni regional Bali-Nusra yang terdiri dari Sobat bumi Bali dari Universitas Udayana, Sobat Bumi Mataram dari Universitas Mataram dan Sobat Bumi Sumbawa dari Universitas Teknologi Sumbawa. Sejak tahun 2013 organisasi ini didirikan setelah kegiatan Gathering Pertamina Foundation Scholars (PFS) 3 di Bogor pada tanggal 30 Oktober – 03 November 2013 adalah kegiatan berkumpulnya seluruh penerima aktif beasiswa dari seluruh Indonesia diantaranya :
  1. Universitas Padjajaran
  2. Universitas Padjajaran
  3. Universitas Negeri Semarang
  4. Universitas Muhammadiyah Malang
  5. Universitas Brawijaya
  6. Universitas Sriwijaya
  7. Institut Pertanian Bogor
  8. Universitas Dipenogoro
  9. Institut Teknologi Sepuluh November
  10. Universitas Pattimura
  11. Swiss-German University
  12. Institut Teknologi Bandung
  13. Universitas Udayana
  14. Universitas Mulawarman
  15. Universitas Mataram
  16. Universitas Jakarta
  17. Universitas Negeri Makasar
  18.  Universitas Musamus
  19. Universitas Teknologi Sumbawa
  20. Universitas Negeri Papua
  21. Universitas Syiah Kuala Aceh
  22. Universitas Hasanudin
  23. Universitas Cendrawasih  

Kemudian pada saat itu pula dibentuk Sobat Bumi Indonesia yang berlokasi di kantor Pertamina Pusat dalam ajang Festival Sobat Bumi. Kemudian untuk menmfollow up kegiatan di Bogor kami melakukan kegiatan pertama kami yakni Sharing Section kepada seluruh mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa dirangkaikan dengan dilaunchingnya blog dari Sobat Bumi Sumbawa yaitu Sbsumbawa.blogspot,com dan perekrutan anggota non-penerima beasiswa pertamina Foundation Sebagai anggota dari Sobat Bumi Sumbawa.

Penanaman 2000 Pohon Binong
Sobat Bumi Sumbawa terdiri atas dua fokus program kerja yakni pertama penanaman pohon binong dan kedua konservasi terumbu karang. Latar belakang dari pemilihan kedua program kerja ini yakni bersangkutan dengan kearifan lokal dan identitas tana samawa. Penanaman pohon binong dilatar belakangi bahwa pohon ini adalah sebagai rumah dari lebah hutan Apis dorsata informasi ini didapatkan langsung dari masyarakat sekitar daerah Batu Dulang, yakni suatu daerah yang merupakan tempat penghasil madu hutan terbanyak di kabupaten Sumbawa. Sehingga ketika kita melestarikan pohon binong maka akan semakin banyak lebah hutan, semakin banyak lebah hutan maka semakin banyak madu Sumbawa.


KonservasiTerumbu Karang
Kedua pemilihan konservasi terumbu karang dilatarbelakangi oleh letak geografis pulau Sumbawa yang berada di Coral triangle dunia yang merupakan surga dari terumbu karang dunia. Alasan mengapa harus dilakukannya konservasi jawabannya sangat mudah yaitu budaya. Pulau Bungin kecamatan Alas adalah salah satu pulau di Sumbawa yang merupakan pulau terpadat di dunia yang memiliki budaya untuk menjadikan karang sebagai fondasi rumah ketika ingin membentuk sebuah keluarga baru. Sehingga lambat laun budaya ini akan merusak ekosistem terumbu karang yang kita semua tahu bahwa setiap tahunnya terumbu karang hanya dapat tumbuh 1 cm dan maksimal 2 cm dengan menggunakan kejutan listrik. Sehingga sobat Bumi Sumbawa datang sebagai solusi dengan semangat mahasiswa yang mencintai bumi untuk menyelamatkan bumi secara bersama-sama belajar, berbagi, dan bergerak bersama membentuk sebuah sinergitas untuk sebuah efektivitas dari sebuah aksi hijau.
Segitiga Karang Dunia
Hingga sekarang anggota aktif dari Sobat Bumi Sumbawa berjumlah 60 orang dan akan terus bertambah, organisasi yang bergerkan untuk kepedulian demi meningkatkan kepedulian masyarakat dan pemuda (Community Awareness) untuk mewujudkan keterlibatan dari masyarakat dan pemuda (Community Involvement) dalam mencintai dan melestarikan lingkungan.





Salam Sobat Bumi
Cintai Bumi Selamatkan Bumi

Aksi Nyata Sobat Bumi Sumbawa

Sobat Bumi Sumbawa in Action 

  1. Sobat Bumi Sumbawa semenjak tahun 2013 hingga 2015 telah melakukan banyak kegiatan diantaranya:
  2.  Penanaman 64 pohon Binong di Desa Batu Dulang kecamatan Batu Lanteh.
  3. Seminar Konservasi Alam VS pertambangan bekerjasama dengan PT. Newmont Nusa Tenggara di Kampus Universitas Teknologi Sumbawa pada tanggal 30 Januari 2014.
  4. Home schooling Joki cilik bekerjasama dengan Fakultas Psikologi Univversitas Teknologi Sumbawa di Arena Pacuang Kuda Angin laut desa Penyaring.
  5. Menghadiri Rakernas dan Munas Sobat Bumi Indonesia di Denpasar Bali pada tanggal 20-23 Februari 2014.
  6. Konservasi Terumbu karang dan perlindungan pantai di desa Labuan Pade kecamatan Utan pada tanggal 10-11 Februari 2014.
  7. Beach clean up di pantai Labuhan tanggal 20 April 2014 bekerjasama dengan Komunitas Penjaga Pulau SMAN 1 Sumbawa besar.
  8. Menghadiri Sobi Camp di Trawas, kabupaten Mojokerto, Jawa Timur pada tanggal 01-05 Desember 2015.
  9. Penanaman Pohon 2000 pohon Binong di Desa Batu Dulang kecamatan Batu Lanteh pada tanggal 18 Januari 2015.
  10. Bersih-bersih sungai Semongkat sebagai Daerah Aliran Sungai (DAS) pada tanggal 22 Maret 2015.
  11. Pengujian kualitas air sungai yang ada di Sumbawa pada tanggal 20 April 2015.
  12. Menghadiri Sobi Summit di Padang, Sumatera Barat pada tanggal 15-17 Mei 2015.
  13. Sobat Bumi Berbagi di Bulan Ramadhan pada tanggal 7 Juli 2015.


Prestasi Sobat Bumi Sumbawa
Sobat Bumi Sumbawa dalam perjalanannya mendapatkan beberapa prestasi baik di tingkat nasional dan regional diantaranya :
  1. Aksi Hijau penanaman 64 pohon binong berhasil masuk dalam media KOMPAS pada edisi 21 Januari 2014 dengan judul “Bergerak Bersama untuk Bumi”.
  2. Aksi Konservasi terumbu karang berhasil masuk dalam media KOMPAS pada edisi 21 April 2014 dengan judul “Menyingkap Kekayaan Laut Nusantara”.
  3.  Aksi Beach clean up berhasil masuk dalam media KOMPAS pada edisi 21 Juni 2014 dengan judul “Langkah Kecil Lestarikan Bumi”.
  4. Menjadi 1st Runner-up dari Festival pagelaran Bumi di Trawas, Kabupten Mojokerto, Jawa Timur pada tanggal 01-05 Desember 2014. 
Sobat Bumi Sumbawa di media nasional KOMPAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar