Selasa, 30 Juni 2015

Potensi Sumber Daya Alam Kabupaten Sumbawa (Tana Samawa)


          

Presentasi Potensi Wilayah NTB di Wisma Daerah tanggal 04 Juni 2015

         Saya Mochammad Isro alfajri mahasiswa semester 4 fakultas Bioteknologi Universitas Teknologi Sumbawa. Satu-satunya universitas teknologi yang ada di Indonesia timur yang baru dibangun dua tahun yang lalu dan Salah satu diantara 3 fakultas bioteknologi yang ada di Indonesia 2 lainnya berada di Indonesia barat yaitu Universitas Surabaya dan Universitas Atmajaya Jakarta. Negara Indonesia begitu kaya akan biodiversitas dan sumber daya alam tetapi begitu miskin dengan kualitas sumber daya manusia. Adalah sesuatu yang sangat memprihatinkan ketika Indonesia sebagai negara maritim tetapi masih mengimpor ikan dan garam dari negara lain. Bukan hanya itu negeri ini di anugerahi matahari yang selalu bersinar sepanjang tahun dengan luas wilayah yang begitu luas yakni 1.919.440 km2 tetapi tidak bisa memenuhi kebutuhan pangannya sendiri. Pada masa lalu negeri ini disebut sebagai macan Asia bersanding dengan negara Cina dan menjadi negeri yang dihargai dan dikenal dermawan untuk membagikan pangannya ke sejumlah negara miskin yang rakyatnya kelaparan dengan swasembada pangan Indonesia pada tahun 80-an itu mungkin tidak sulit untuk negara ini lakukan.
Kabupaten Sumbawa "Sabalong Samalewa"
      Sumbawa adalah kabupaten dengan luas wilayah daratan sekitar 6.643,98 km2 dengan luas lautan sekitar 4.912,46 km2 dengan jumlah penduduk yang hanya berkisar di angka 423.029 jiwa dengan kepadatan 64 jiwa/km2. Kabupaten Sumbawa berada di dalam koridor V dengan fokus pembangunan pariwisata, peternakan, pertanian, perikanan dan ketahanan pangan. Selain potensi daratan dan laut Sumbawa juga mengandung banyak mengandung mineral seperti emas, tembaga, mangan, batu kapur, pasir besi, dan potensi panas bumi serta angin yang dapat dikelola untuk kesejahteraan masyarakat.

           Diakhir tahun 2012 produksi padi sekitar 400.000 ton padahal kebutuhan kabupaten Sumbawa hanya sekitar 150.000 ton. Produksi jagung mencapai 200.000 ton pada tahun 2012 serta di bidang peternakan Jumlah sapi mencapai 193.907 ekor pada tahun 2012 sehingga Sumbawa dianugrahi penghargaan Indonesia live stock 2013 oleh pemerintah Republik Indonesia. Tetapi, dengan begitu banyak potensi dan kekayaan daerah yakni masyarakat Sumbawa belum dapat menikmatinya secara maksimal karena hasil kekayaan alam Sumbawa belum dapat diolah untuk meningkatkan nilai jual. Sehingga masyarakat hanya menjual dalam bentuk bahan mentah dengan harga yang rendah. Contohnya jagung, jagung Sumbawa dikirim ke pulau Jawa untuk dijadikan bahan pangan olahan, pupuk, dan berbagai bentuk lainnya. Pupuk yang dihasilkan tersebut kemudian dijual kembali ke kabupaten Sumbawa dengan harga yang berkali-kali lipat dari harga sebelumnya. Sehingga tidak heran bahwa kesejahteraan masyarakat tidak meningkat secara signifikan dibuktikan dengan jumlah Penduduk miskin pada tahun 2012 77.203 jiwa atau sekitar 18,25% dari total masyarakat Sumbawa. Kemudian Kesehatan masyarakat Sumbawa dalam kasus gizi buruk pada tahun 2009 terdapat 179 kasus menjadi 247 kasus pada tahun 2010 pada daerah yang kaya akan pangan tentunya hal ini sangat memprihatinkan.
  
        Masih banyak potensi yang dapat di optimalkan di kabupaten Sumbawa diantaranya Potensi luas wilayah Sumbawa yang begitu besar belum dimanfaatkan secara optimal luas lahan yang telah diolah menjadi lahan persawahan hanya mencapai 51.588 ha. Dan petani dengan pertanian yang monokultur jenis padi sangat banyak, sehingga menyebabkan jumlah Panen dari tiap petani menurun setiap tahunnya dengan luas lahan yang sama sehingga menurunkan produktivitas para petani Sumbawa. Sehingga pendidikan dan peningkatan kompetensi masyarakat adalah sesuatu yang harus ditingkatkan. Sumbawa adalah salah satu kabupaten dari 10 kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat, saat ini indeks pembangunan manusia (IPM) dari Provinsi Nusa Tenggara Barat berada di peringkat 33 dari 34 provinsi di Indonesia. 

Oleh :
Mochammad Isro Alfajri 
Mahasiswa Semester IV Bioteknologi 
Universitas Teknologi Sumbawa

2 komentar:

  1. bagus artikelnya
    eh, kak fajri..
    d bln juni enggak ada tgl 30 nya..
    hehhee

    BalasHapus
  2. bagus banget......
    artikelnya
    terimakasih atas artikel yg telah membantu saya

    BalasHapus