Rabu, 17 Desember 2014

Section 1 - Sobi Camp Ubaya Training Center, 01 Desember - 05 Desember 2014


Nice day, Nice Story 
Pertama kali jadi Juri di English Competition 
Juri English Coompetition di SMAN 2 Sumbawa 28 Nov. 2014
Perjalanan baru dimulai nice day for nice story, setelah menjadi juri kompetisi bahasa inggris tanggal 28 November 2014 di SMAN 2 sumbawa sebagai pengalaman pertama kali untuk menjadi juri, dengan percaya diri mengkritik tim tim yang maju dan semuanya berasal dari kelas XI. Ma’am Nurul adalah orang yang membuat saya berdiri di tempat yang tinggi. Dapat berkontribusi terhadap sekolah meskipun baru semester 3 prodi Bioteknologi. Bukan hanya menjadi juri saya juga berbagi pengalaman saat saya berkompitisi di Boston 30 Oktober-5 November 2014.
SOBI Camp Ubaya Training Center, Paniti dan Fasilitator
Kemudian keesokan harinya saya harus berangkat menuju mataram menggunakan travel yang selanjutnya menuju ke Surbaya untuk menghadiri SOBI Camp di Trawas, Mojokerto, 30 November-5 Desember 2014. Saya bahagia memang, untuk pertama kalinya saya bisa pergi ke Surabaya kota terbesar ke 2 di Indonesia kemudian diundang sebagai fasilitator dan pembicara pada kegiatan itu. Alhamdulillahirabbil alamin, allah memberika nikmat lagi kepada saya dengan begitu banyak nikmat yang diberikan pada tahun ini. Sesampainya di Mataram saya menginap semalam di rumah Labuapi untuk semalan dan keesokan harinya jam 8 harus berangkat menuju Surabaya dengan menggunakan maskapai Citilink. Mungkin didalam hati orangtua saya bangga karena saya baru saja kembali dari Amerika Serikat kemudian dua minggu setelahnya langsung berangkat ke Surabaya. Pada saat check ini saya bertemu Icha teman SMA saya, sekarang di tumbuh cantik dan menawan membuat saya tersipu. Sesampai di Bandara Juanda, Surabaya. Dia yang menemani saya untuk menemani mas majid dan mas toro di Bandara 1 Juanda. Suatu kenangan yang indah memang untuk pertama kalinya di Sumbawa. 

Kemudian saya, mas toro (presiden PFS 1), dan mas majid (Sudah bekerja di Pertamina Foundation) di jemput oleh mas Bagar (Sobat Bumi Surabaya sekaligus Paniti Akontrans). Menuju ke terminal Bungir asih Surabaya yaitu terminal Bus, disana saya bertemu teman teman sobat bumi Indonesia, bertemu presiden odit, kak evi, kak hany, idaman hati Qisty, kak ilyas yang aku bilang mas ini sangat ramah dan baik, kakak surabaya mas reyhan, mas febriyan dan banyak lagi. Kami menunggu di Bus, disana saya disambut hangat dengan senyuman dan sapaan ray dari teman-teman bahagia terasa di dalam hati saya mereka adalah keluarga saya. Keluarga kedua saya yang saya miliki. Perjalanan menuju Trawas, Mojokerto dimulai saya duduk di bangku belakang bersama mas yudha dan mas ilyas, kak yudha baik sekali begitu ramah dan supel saya bersama bukan hanya pintar tetapi rendah hati dan ramah. Begitu bahagianya saya menjadi salah satu dari mereka. 

Akhirnya kami tiba di Ubaya Training Center (UTC), Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Semua panitia dan fasilitator kemudian makan bersama sambil menunggu panitia lain dan kemudian setelah solat magrib kami melakukan rapat bersama tepatnya pada tanggal 30 November 2014. Rapat sekaligus mengenalkan diri dan mengakrabkan seluruh panitia yang berasal dari seluruh Indonesia. Wow, amazing saya bertemu dan bekerja sama bersama-sama orang hebat dan kemudian saya harus melihat dan mempelajari apa yang bisa saya terapkan di Sumbawa nanti. Kita mengenal satu sama lain, setelah itu makan malam dan kemudian kami sampai melakukan 3 kali untuk briefing rundown acara yang di buat. Memang sangat detail dan luar biasa rangkaian acara yang dibuat dengan begitu teliti dan rinci. Banyak yang harus saya pelajari serta kepatuhan dilapangan sangat tinggi terhadap rundown yang dibuat. Kepanitiaan dibagi atas akontrans, pubmarhum, medis, sekretaris, programming, fasilitator, yang mereka sangat mengerti dengan apa yang harus mereka kerjakan. Sangat memukau, kemudian kami melakukan briefing terakhir sebelum tidur untuk memastikan agenda besok briefing kali ini kami langsung bersama dengan trainer dari MHMMD (mengelola hidup dan merencanakan masa depan) trainer profesional yang diketuai oleh bunda Marwah Daud Ibrahim Ph.D. begitu banyak pelajaran yang saya dapat bahwa rapat jangan terlalu serius dengan mimik muka yang bercanda tapi berkualitas satu pelajaran yang saya dapatkan.

Ilmu yang bergitu berlimpah
Tanggal 01 November 2014
Sebelum melakukan training bersama MHMMD kami melakukan briefing di Amphi teater dan lagi membahas peran dan rundown acara untuk acara hari ini dan besok. Kemudian jam 8 kami melakukan training bersama MHMMD begitu luar biasa yang saya rasakan. Banyak pelajaran yang saya dapat kan mengenai merencakan kehidupan di masa depan. Pertama, merajut benang persahabatan yaitu dengan melakukan tepukan, posisi duduk, tepuk kedua lutut dengan kedua telapak tangan, tepuk tangan, kemudian memtikan jari kiri dan kanan. Ini dilakukan hingga kompak sehingga ketika sudah kompak akan ditambahkan penyebutan nama pada saat memetikan jari. Yang pertama menyebutkan namanya kemudian menyebutkan nama orang lain. Menyamakan gerakan. Kemudian membuat nama tim dan yel-yel yang baik dan bagus. Kedua, sahabat-sahabat sekalian kita tau orang lain ketika kita sering disapa. Seiring perjalan waktu kita dapat meihat menerima ilmu pengetahuan dan belajar. Kita dulu lahir telanjang anak konglomerat pun tidak bisa memberikan baju untuk anaknya ketika lahir. Apakah kita kaya? Ada uang 50 juta ditabungannya? Tidak ada sebentar dikasi uang 50 juta tapi mata kirinya di congkel. Mau tidak? Tidak mau kan, sahabat-sahabat sekalian itu sebuah perumpamaan bahwa tuhan telah memberikan fitur yang lengkap. Itu artinya kekayaan kita bukan karena bugati veron atau lain sebagainya. Tetapi yang kita miliki itu yang begitu kaya, kalau tidak percya coba kita masuk ke dalam ICU, contohnya satu liter itu 25 ribu. An-Nahl 78, Al-Mulk 78, yaitu pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, semua diberikan hal yang sama, dan diberikan fitur yang kurang lebih sama. Semua kita memiliki keunggulan kita sadar bahwa politik pendidikan kita belum mampu mengakomodasi sehingga membuat kita seragam . kita masuk ke kurikulum yang ditetapkan pemerintah seragam, kita luput bahwa ternyata ada binatang yang bisa terbang, loncat, dan berenang. Tidak adil bahwa ikan kita suruh loncat dan tupai kita suruh berenang. Tetapi semua manusia tetap dapat tumbuh. Ada yang memiliki saudara kembar disini laki atau perempuan? Persis? Ukuran sepatu sama? Meskipun anda kembar anda tidak tahu bahwa sidik jari anda dan lidah anda tidak sama ini membuktikan bahwa ribuan tahun sebelum kita hidup ada orang yang sama tetapi tidak pernah sama dengan kita demikian pula untuk ribuan tahun kedepan sama juga seperti itu, dan kemudian kita mesti curiga kita diciptakan satu di dunia ini, “I am the sepcial one” I am the only one, untuk apa kita diciptakan untuk misi apa kita hidup di dunia ini. Apakah hanya untuk pelengkap derita atau cheerleader atau bahkan hanya untuk penonton. Atau apa, sehingga kita harus bertanya di dalam hati, setiap orang diberikan keunikan dan berkembang sesuai fitrah penciptaanya di dunia ini. Apabila anda menjadi ahli IT jadilah ahli IT yang terbaik, anda ahli pendidikan jadi ahli pendidikan yang paling baik. Kenapa? Sepertinya bunga ketika anda dilahirkan menjadi bunga mawar jadi mawar merahlah yang terindah, ketika jadi melati jadilah melati yang terwangi ketika presiden ada, DPR ada, rektor ada, kita mau mengambil bagian mana. Siapa namanya? Pintaran mana pintaran mana BJ Habibi atau Iwan fals? Mainstream pendidikan kita tidak mengetahui jawaban itu karena adanya dikotomis. Sama halnya ketika kita memilih IPS pada SMA, aduh nak itu mah madesu masa depan suram, masuklah IPA kamu bisa jadi pilot, masuk STAN, masuk kedokteran dan lain sebagainya. Paling-paling masuk fisip terus jadi politik tanggung-tanggung. Howad Garder akhirnya memetakan 9 kecerdasan manusia, Iwan fals cerdas karena musikalnya sehingga semua orang menjadi tempat yang seimbang dibumi ini meskipun tidak menjadi teknokrat atau lain halnya didunia. 

Dibuku itu teman-teman peserta mengaudit potensi kelebihannya. Cobalah lihat orang yang sukses hari ini mereka semua tidak pernah worry terhadap kelemahannya tetapi mereka mengunggulkan apa yang menjadi kelebihannya. Karena kalau ketika kita sekolah karena pada saat sekolah saya membuang waktu untuk mengerjar waktu untuk KKM, kemudian kita lupa untuk mengembangkan potensi dan keunggulannya secara sempurna sehingga kita dapat memotret dan mengaudit siapa kita dan apa kelebihan kita. Kenapa kita tidak membicarakan kelemahan, tetapi sebenarnya kelebihan kita adalah kelemahan kita. Pada satu sis dia tidak punya banyak waktu yang melakukan apa yang bukan keunggulannya. Pak habibi mungkin punya kelemahan tetapi kita tidak lihat kelemahannya karena kita hanya melihat kelebihanya. Sekarang kita melihat pada titiknya nanti orang lihat trademark nya kita. Kemudian silahkan kalian isi Lembar kerja Satu Audit potensi kalian. Ada beberapa tips untuk menentukan keunggulan  sesuatu itu adalah kita lakukan dengan energi minimal contoh kita punya bakat melukis baru sedikit sudah indah. Jadi ada orang yang melakukan kegiatan dengan minimal dan sebaliknya. Keunggulan kita yang kita lakukan makin hari makin baik. Ada tiga pekerjaan yang kita lakukan kita dapat pujian, contohnya pokoknya amai yang yang masak pasti enak. Dan waktu kecil kita pernah menang. Dan yang terakhir, kita bisa melakukan itu dengan begitu banyak waktu yang kita berikan. Dalam hati kita bicarakan bahwa niatkan dalam hati kita bersyukur kepada Allah terhadap nikmat yang Allah berikan. 

Materi Marwah Daud Ibrahim Ph.D.
Apa ciri kita masih hidup yaitu bernafas, sudah bersyukur tidak. Angkat kedua tangannya kemudian rasakan hembusan nafas yang kita rasakan helai demi helaian napas, tarik napas dalam-dalam. (lagu sedih) tutp mata dan merasakan nikmat allah yang telah diberikan. Luar biasa bukan?. Setiap napas adalah anugrah yang harus kita syukuri kalau kita punya napas kita punya semuanya. Inilah aset kita kemudian kita kelola waktu  1 hari 24 jam 1440 menit dan kemudian 86400 detik. Ini adalah aset yang paling mahal kita harus mengelola hidup kita dan merencanakan masa depan.

video proklamasi. berapa waktu yang kita pakai. Walaupun video yang diputar kurang dari 1 menit tapi dapat mengubah hidup jutaan rakyat Indonesia. pada awalnya mindset, ada orang yakin bahwa orang bisa terbang sehingga dia yakin bahwa manusia terbang siapa itu? Drain bersaudara. Dengan mimpi, percaya diri, manusia bisa mengubah mindsetnya. Ada jurnalis yang keliling Indonesia. Sukses itu adalah universal anda mendapatkan apa yang anda mau. Kemudian, jika kita malas belajar, bangun kesiangan, mengeluh maka akan berbeda ketika orang yang rajin belajar bangun subuh hari, baca kitab suci tiap hari, insyaallah sukses. And masukan tiap hari kitab suci di ranselnya. Setiap ciptaan sejatinya sudah memiliki potensinya masing-masing jangankan manusia tumbuhan saja sejak penciptaanya sudah melekat bagaimana bentuk daunnya, bunganya, dan buahnya. Sama seperti kita yang sudah memiliki potensi sukses kita masing-masing. Tugas masing-masing kita cukup jadi menjadi bunga ungu yang terbaik. Bunga merah cukup menjadi bunga yang terbaik tidak iri dengan bungan melati yang putih. (Video Bunga mekara dan langunya). Dan anda juga harus menjadi orang yang terbaik, dan saya yakin kalian akan menjadi orang sukses. Sukses itu adalah menjadi diri anda yang terbaik dan menghasilkan sesuatu dan lebih memaksimalkan potensi anda. Sukses itu ada 4 dimensi. Katanya orang bahwa sukses itu harus memiliki intelegensia yang tinggi, namun kemudian muncul bahwa bukan hanya itu adalah ketika seseorang yang tidak lulus sekolah tapi dapat mengubah dunia. Orang yang sukses agama adalah orang yang paling baik orang yang jatuh dan bangkit lagi. Menurut __ orang yang intelektualnya baik kalah dengan orang yang memiliki agama yang baik. 
Untuk training hari pertama sangat menyenangkan dan banyak hal yang saya pelajari dan dapatkan. Pada hari ini juga semua peserta sudah mulai berdatangan dari jabotabek dan daerah lainnya di sekitar pulau jawa, namun adek-adek tingkat saya dari Sumbawa yang berjumlah 20 orang belum tiba di lokasi sehingga merasa kekhawatiran tersendiri karena belum kunjung tiba di lokasi. Pada sesi acara akhir hari ini kita mulai berkunjung ke tempat-tempat yang bakalan menjadi lokasi dari setiap event, ada amphi teater, multifunction hall, lapangan basket, dan kami mempersiapkan lokasi di multifunction hall dengan meletakkan nomor-nomor kelompok di karpet yang tersedia.
Pada sore hari adek-adek dari Sumbawa ada 20 orang dan 2 orang dari angkatan 2013 ada irwandi dan ariskanopitasari, telah tiba dilokasi acara. Alhamdulillah mereka tiba dengan kebahagiaan dan kesenangan. Kemudian pembagian dan perkenalan masing-masing fasilitator ke anggota yang akan di bimbinga untuk 4 hari ke depan. Dan saya mendapatkan kelompok 11 dengan komposisi yang merata dari aceh-papua sangat beruntung memang. Pada saat pengarahan yang diberikan oleh cak Feb saya dan bang yudha sempat berselfie bersama kak herman lubis (Gubernur Sumatra), kak odit mukti (presiden Sobi Indonesia 3), mas majid, kak egen, dan kak zaenal. 

Anggota dari kelompok 11 :
ARCHIPELAGO

Taufik aldiansyah dari universitas Brawijaya, daya ingat sangat kuat dan  sangat ramah. Mengambil jurusan internasional bussiness administrasi. 

Tri nur sujatmiko, mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor dipanggil miko rendah hati dan tidak terlalu ambisius dengan jabatan tetapi dia merupakan koordinator dari IPB. 

Wisnu Triwibowo, nama panggilannya wisnu adalah mahasiswa dari universitas sumatera utara medan, begitu terlihat dewasa dan bijak. Mudah bergaul dan ramah. 

Afif yandi dari Universitas teknologi Sumbawa adalah salah satu mahasiswa adek tingkat saya yang ada didalam kelompok ini dengan sifat yang pendiam tapi ingin bergaul dan dengan ide gilanya di setiap diskusi kelompok.

Akhmad furqon dari universitas brawijaya semester 7 yang pertama kali memanggil saya dengan fajri tanpa ada kak, memang umurya lebih tua jadi boleh-boleh saja. Mudah bergaul dengan teman-temannya meskipun dari semester tua dan ketika ingin menjadi pemimpin atau ketua harus terlihat berbeda dan itu yang beum dimiliki furqon.

Alfian syuhada dewantara adalah mahasiswa dari universitas Masamus di Marauke, pertama kalinya universitas ini menerima beasiswa Pertamina Foundation. Orangnya dewasa pendiam, penurut, dan sangat menghargai orang lain. Adalah salah satu mahasiswa favorit saya. Pertama kali bertemu dengan alfian ketika dia kehilangan koper dan kemudia saya bersama dengan odit membantuk mencari koper hingga bertemu dengan kak febrianto dan nama panggilannya Alfian.

Ariel Marinho Lewerisa mahasiswa Universitas Pattimura ciri khas dari ariel adalah tidak pernah melepaskan topinya meskipun didalam ruangan mungking topi adalah bagian dari dirinya, ariel juga terlihat dewasa dan memang setelah saya lihat dari anggota saya mereka memiliki ciri khas masing-masing, saya mudah menandai dan mengenal dia karena topi yang dia kenakan.

Septi arini, adalah mahasisiwi dari universitas teknologi Sumbawa pendiam dan jarang berkomunikasi dengan teman-temannya tapi dibalik diamnya itu septi juga menyimpan rasa peduli terhadap teman-teman yang lain. Ingin berteman namun tak tahu cara memulai.

Verlin V. Sorbu dari universitas negeri Papua, adalah anggota saya yang paling lama tiba ketika semua anggotanya telah tiba dan pertama kali menerima sticker manyun di kelompok 11. Verlin ramah dan baik mudah di ajak sharing dan berkenalan.

Wanti nur jadidah dari universitas syiah kuala Aceh, universitas dari kak Ainul Mahardiah, wanti perawakan kurus namun hyper aktif. Kritis dan paling banyak tanya masalah teknis maupun non tekhnis.

Widya mukti pinandghita mahasiswi jutek dari institut sepuluh November, anggota yang paling malas ketika hrus mengisi lembar kerja MHMMD, pertama kali bertemu dengan widya orangnya jutek tapi setelah saya bertanya dengan teman-teman Surabaya widya memang begitu ketika dia baru mengenal orang lain. Widya adalah wanita misterius, tapi banyak hal yang istimewa yang ditemukan di dalam dirinya. Saya yakin banyak hal yang dia pendam dan saya pingin lebih jauh mengenalnya. Widya gak bisa jaga kondisi tubuhnya, tidak sering masuk UGD dan sakit.

Winina Indradewi mahasiswi Universitas Indonesia adalah wanita paling ramah di kelompok 11 dalam paling pengen tahu siapa saya, winina adalah orang pertama yang menanyakan saya semester berapa dan juga tanggal lahir saya all about me. Winina ramah dan sangat mudah memahami dirinya dengan attitude yang baik dan menarik itu adalah winina.

Annisa trianadewi mahasiswi Institu pertanian bogor yang paling pendiam diantara yang lain mungkin memang begitu sifatnya. Tetapi tetap ramah dan tersenyum tapi pada saat tertentu saja. Begitu serius dalam segala hal, ayolah bersenang-senang.

Alfrida T.A Wayangkau adalah mahasiswi universitas cendrawasih. Baik dan ramah dan selalu saja aku lupa nama anggota ku yang satu ini dan bahkan sering tertukar namanya dengan verlin. Tapi dengan attitude yang baik dan ramah, namun pengen banyak tahu tentang dirinya dan bagaimana daerahnya, itu yang syaa lupakan ketika bertemu dengan teman-teman di gathering nasional pada tahun ini. 

Anastasia R. Nay jago  adalah mahasiswi universitas masamus banyak hal yang saya belajar dari mereka, begitu ramah dan baik hati, dan memang masamus adalah universitas yang pertama kali masuk dan memberikan warna dan goresan yang berbeda dari Indonesia Timur.

Andi kamrida, sering dipanggil ida begitu tertarik dengan saya dan sangat ramah. Ketika dia tahu bahwa saya adalah angkatan 2013 begitu terkejut adalah respon yang umumnya saya temukan di Trawas. Ketika harus menjadi fasilitator muda namun muka dewasa seperti angkatan 2010.

Dhia khalila R. Dari Universitas Parahyangan Bandung, paling gokil dan paling sehat memang diantara yang lain. Dan paling cepat pulang karena harus mengikuti ujian, adalah hal yang sangat di sayangkan. Tapi saya sudah berceria banyak hal dan berbagai pengalaman, dan masih penasaran dengan siapa sih sebenarnya universitas Parahyangan.

Mereka semua adalah anggota saya dari kelompok 11 yang bernama Archipelago yang berartikan Nusantara, memang kelompok yang paling keren namanya. Begitu pun dengan fasilitatornya yang paling muda dan pastinya banayak hal yang saya pelajari dari mereka semua. 

Hari ini juga langsung diselenggarakn opening ceremony yang dilakukan di multi function hall karena pada saat itu kondisi diluar sedang hujan. Sangat disayangkan ketika persiapan diluar sudah dipersiapkan dan harus dipindah ke dalam ruangan, marchine band indoor adalah pertama kalinya saya saksikan. Acara penyematan jaket oleh Pegawai dari Pertamina Foundation.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar