Selasa, 18 November 2014

RESPEK UTS 2014




OPENING

Tanggal 3-5 September 2014. Ospek 2014, untuk angkatan kedua dari Universitas Teknologi Sumbawa dengan tema “elang muda mendunia” , hari ini terasa sangat bahagia dan senang alasannya karena memang selain saya menjadi ketua dari koordinator lapangan dengan anggota yang terbilang cukup banyak dibandingkan dengan panitia. Yang saya rasakan saat ini hanya ketenangan yang ada di dalam hati saya, dan senyum bahagia yang terpancar dari aura wajah saya. Walaupun memang saya harus berbagi waktu dengan pekerjaan rumah dan kampus dari sumbawagen Project, tapi tetap saya yakini dalam hati kalau saya memang bahagia dengan keadaan sekarang ini. Walaupun terkadang saya sering mencapai titik jenuh dan otak yang tak bisa berfikir sama sekali.
Berawal dari ketekunan dan semangat saya dalam mengikuti Forum Alumni Leadership academy yang pada saat itu hanyalah menjadi wakil ketua, tetapi saya yakini bahwa bumi itu berputar dan saya mengikuti putarannya Dan berubah untuk bertahan di bumi ini. Walaupun saya hanya beberapa kali menghadiri rapat dan kegiatan organisasi ini, tetapi saya sangat yakin bahwa dalam berorganisasi tidak ada yang mustahil. Meskipun harus merubah mindset dari teman-teman bahwa organisasi itu bukan hanya berdiri dilindungi atap, tetapi tiang dan fondasi yang kuat sangat dibutuhkan dalam membuat sebuah organisasi terus bergerak dinamis.
Ini adalah kekuatan saya

Sampai kepada saya saat ini yang memang saya yakini bahwa ke-38 anggota saya memiliki semangat yang sama untuk terus maju dan berjuang, yang sangat saya hargai adalah ketika mereka menerima saya apa adanya. Tetapi memang rasanya berbeda ketika kita harus berorganisasi yang membutuhkan ketegasan dan kepemimpinan yang baik. Di lain waktu ketika saya bersama teman-teman dekat dengan sifat yang hampir jauh 180 derajat dengan apa yang saya lakukan di organisasi. Entah ada roh yang berbeda ketika saya harus memimpin karena di setiap bertemu orang yang berbeda, saya juga harus tetap belajar dan mengerti akan artinya kehidupan yang memang sangat beragam.
Ketua koordinator lapangan, adalah jabatan yang hanya berlaku untuk 3 hari, tetapi saya belajar untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, dan harus berteriak lantang dan tegas kepada semua mahasiswa baru. Karena ketegasan itu perlu tetapi jangan otoriter. 
Sopan dan Ramah adalah Indonesia

Karena dilain pihak orang yang kita pimpin akan menilai apakah kita berhak memberikan perintah atau tidak, kita bisa lihat parameternya ketika mereka tidak akan pernah peduli dengan apa yang pimpinan mereka katakan. Ada beberapa hal yang perlu antara anggota dengan pemimpinnya yaitu penghargaan kita terhadap anggota, sering kali ucapkan kata maaf dan terimakasih, dan selalu memberikan contoh. Jangan hanya sekedar menyuruh dan kemudian menonton apa yang sebenarnya bisa kita lakukan. Seorang pemimpin tidak perlu seorang yang cerdas bahkan orang yang kuat, tetapi pemimpin adalah ketika seorang itu memiliki ketegasan dan kasih sayang. Saya pernah katakan dengan para anggota saya bahwa ketika kita memimpin kita harus memiliki kepercayaan dan menghargai dengan dua arah yang terus berjalan, tidak cukup satu arah, atau bahkan tidak ada antara keduanya.
Yang saya yakini saat ini, kepemimpinan yang dibutuhkan adalah kepimpinan terpusat, ketika seorang pemimpin sudah mempunyai metode memimpinnya dengan visi dan tujuan yang jelas untuk melihat hal apa saja yang ada dimasa depan. Karena ketika perintah berasal dari beberapa orang maka tugas dan permasalahan yang akan dihadapi itu tidak akan bisa terselesaikan bahkan akan meluas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar